Tips Membuat Landing Page Berkonversi Tinggi

landing page design principles featured image scaled

Daftar Isi

Anda mungkin telah menghabiskan banyak waktu dan uang untuk membuat website Anda, tetapi apakah Anda yakin landing page Anda bekerja seefektif mungkin dalam mengonversi pengunjung menjadi pelanggan?

Sebuah landing page yang baik dapat membantu Anda meningkatkan konversi dan menjaring lebih banyak pelanggan potensial.

Di sini, Anda akan mempelajari beberapa tips dan strategi penting untuk membuat landing page yang memiliki tingkat konversi tinggi. Ikuti panduan ini untuk menciptakan landing page yang sukses dan efisien.

Menentukan Tujuan dan Sasaran Landing Page Anda

Langkah pertama dalam membuat landing page yang berkonversi tinggi adalah menentukan tujuan dan sasaran Anda.

Anda perlu memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai dengan landing page ini. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan produk atau mendorong orang untuk mendaftar ke newsletter Anda?

Dengan menetapkan tujuan yang spesifik, Anda dapat membuat landing page yang tepat dan relevan. Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk menjual produk, maka fokuslah pada menampilkan manfaat produk serta memasukkan gambar produk yang jelas dan menarik.

Namun, jika tujuan Anda adalah untuk mendorong orang untuk mendaftar ke newsletter, pastikan bahwa formulir pendaftaran mudah diakses dan menonjol pada landing page Anda.

Setelah menetapkan tujuan, Anda juga perlu menentukan sasaran. Sasaran ini mencakup target audiens dan kebutuhan mereka.

Pikirkan tentang apa yang penting bagi target audiens Anda dan bagaimana produk atau layanan Anda dapat membantu mereka.

Dengan memahami sasaran Anda, Anda dapat membuat landing page yang menarik dan efektif dalam menarik perhatian audiens yang tepat.

Membuat Desain Menarik untuk Landing Page Anda

Untuk membuat landing page yang efektif, desain harus menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka tertarik untuk berinteraksi lebih lanjut.

Baca Juga  Panduan Lengkap Membuat Landing Page Berkonversi Tinggi

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki gambaran yang jelas mengenai audiens dan merek Anda. Dalam memilih desain, perhatikan beberapa hal penting berikut:

  • Pilih warna yang menarik, dan gunakan kombinasi warna kontras untuk membuat elemen penting menjadi lebih menonjol. Pastikan warna tersebut konsisten dengan merek Anda.
  • Pilih font yang mudah dibaca dan konsisten di seluruh halaman. Gunakan font yang sesuai dengan merek Anda dan berikan variasi ukuran dan tebal pada judul, sub-judul, dan teks utama.
  • Perhatikan tata letak yang bersih dan terorganisir. Pilih tata letak yang fleksibel, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan konten yang akan ditampilkan.
  • Tampilkan elemen visual yang relevan dengan penawaran Anda, seperti gambar produk atau layanan, infografik, atau video singkat. Pastikan elemen visual tersebut menarik perhatian dan mempertegas pesan yang ingin disampaikan.

Setelah mendesain halaman Anda, pastikan untuk menguji tampilan desain pada berbagai perangkat seperti desktop, tablet, dan smartphone, untuk memastikan tampilan yang konsisten dan user-friendly bagi pengunjung.

Menulis Konten yang Memikat dan Memfokuskan Pada Manfaat

Untuk meningkatkan konversi landing page Anda, konten yang disajikan haruslah memikat dan fokus pada manfaat yang ditawarkan pada pengunjung.

Pastikan pesan yang ingin disampaikan pada landing page Anda dapat dimengerti pengunjung dengan mudah dan jelas.

Berikan informasi yang relevan tentang produk atau layanan Anda agar mudah dipahami pengunjung dan dapat menjadi nilai tambah bagi mereka.

Mencantumkan Keunggulan Produk atau Layanan

Untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai produk atau layanan yang ditawarkan, pastikan untuk mencantumkan keunggulan dan manfaat yang bisa didapatkan oleh pengunjung saat menggunakan produk atau layanan Anda.

Gunakan kalimat yang kreatif dan persuasif untuk menarik perhatian pengunjung. Jelaskan bagaimana produk atau layanan Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pengunjung.

Baca Juga  Landing Page Produk Fashion: Panduan Lengkap Headline dan Element Penting

Sebagai contoh, jika produk atau layanan Anda dapat menghemat waktu dan uang, katakan hal tersebut pada landing page secara menarik agar pengunjung dapat melihat manfaat dari produk atau layanan Anda.

Membuat Judul yang Menarik

Judul pada landing page Anda haruslah menarik dan dapat memancing pengunjung untuk mengeklick lebih jauh. Gunakan kata-kata yang tepat dan relevan sehingga pengunjung dapat memahami isu produk atau layanan Anda. Kreativitas dalam penggunaan kata-kata dapat meningkatkan konversi pada landing page Anda.

Memfokuskan Pada Pengunjung

Pada landing page, fokuskan pada pengunjung bukan pada bisnis Anda. Perlihatkan bagaimana produk atau layanan yang Anda tawarkan dapat memecahkan masalah pengunjung dan memberikan keuntungan bagi mereka.

Pastikan bahwa konten yang disajikan menggambarkan bagaimana produk atau layanan yang Anda tawarkan akan mempengaruhi kehidupan mereka.

Membuat CTA (Call To Action) yang Kuat

CTA atau panggilan aksi merupakan komponen penting yang dapat meningkatkan konversi dari landing page Anda. Untuk membuat CTA yang berhasil, Anda perlu mengikuti beberapa tips berikut:

  • Ciptakan kalimat yang jelas, singkat, dan mudah dimengerti oleh pengunjung.
  • Berikan insentif atau manfaat yang menarik bagi pengunjung yang berhasil melakukan tindakan pada CTA Anda.
  • Tempatkan CTA pada lokasi yang mudah diakses dan mencolok pada halaman landing page.

Dengan menerapkan strategi CTA yang tepat, Anda dapat mengarahkan pengunjung untuk mengambil tindakan yang Anda inginkan, seperti mendaftar, membeli, atau menghubungi Anda.

Pastikan halaman landing page Anda ingin langsung dihubungi, dengan menambahkan informasi kontak untuk menjadikan tindakan konversi semakin mudah.

Kesimpulan

Dalam membuat landing page yang berkonversi tinggi, Anda perlu memperhatikan beberapa aspek penting, seperti menentukan tujuan dan sasaran, membuat desain menarik, menulis konten yang memikat, dan membuat CTA yang kuat.

Baca Juga  Headline Landing Page yang Efektif: Contoh dan Kasus Studi

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menciptakan landing page yang efektif dalam meningkatkan konversi dan kesuksesan bisnis Anda.

Pegxy

Bagikan Artikel Ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Facebook

Artikel Terkait

100+ Template Landing Page Berkonversi Tinggi

You cannot copy content of this page

× Chat dengan kami