Tips Membuat Copywriting Berkonversi Tinggi Di Landing Page

copywriting typographic header writing designing texts creativity promotion idea finding information making valuable content vector flat illustration 613284 256

Daftar Isi

Dalam dunia bisnis online, Copywriting Landing Page adalah salah satu elemen terpenting untuk meningkatkan konversi bisnis Anda.

Namun, membuat copywriting yang efektif tidaklah mudah. Anda perlu memahami dengan baik tujuan landing page Anda, karakteristik pengunjung, manfaat yang dapat ditawarkan, serta bagaimana cara membuat headline yang menarik perhatian pengunjung.

Dalam bagian ini, Anda akan menemukan tips efektif untuk membuat Copywriting Landing Page yang menarik dan dapat meningkatkan konversi bisnis Anda.

Mengidentifikasi Tujuan Landing Page Anda

Sebelum Anda mulai membuat Copywriting Landing Page, penting untuk mengidentifikasi tujuan utama dari halaman tersebut. Apakah Anda ingin menghasilkan penjualan, mengumpulkan lead, atau mengarahkan pengunjung ke halaman lain?

Tujuan landing page harus jelas dan spesifik agar komunikasi antara bisnis Anda dan pengunjung halaman dapat berjalan lancar.

Gaetano DiNardi, Penasihat Pemasaran Digital dan SEO berkata, “Landing page yang sukses membangun kepercayaan dan rasa urgensi dalam pengunjung sehingga mereka memutuskan untuk melakukan tindakan yang diinginkan.”

Jadi, tetapkan tujuan dan sasaran yang jelas untuk Copywriting Landing Page Anda sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengetahui apa yang diinginkan bisnis Anda dan mereka pun dapat memutuskan untuk melakukan tindakan yang diinginkan.

Memahami Target Demografi Anda

Untuk meningkatkan konversi bisnis Anda melalui landing page, Anda perlu memahami dengan baik target demografis pengunjung yang akan mengakses halaman Anda.

Siapa mereka? Apa yang mereka cari? Pahami dengan baik karakteristik dan kebutuhan mereka agar Anda dapat menyesuaikan pesan Anda untuk mencapai mereka.

Langkah Detail
1 Tentukan kelompok usia target Anda
2 Pilih jenis kelamin target Anda
3 Tentukan kebutuhan pengunjung Anda
4 Gunakan gaya bahasa yang tepat

 

Dengan memahami dengan baik target demografi Anda, Anda dapat membuat copywriting dan desain landing page yang cocok dan menarik bagi prospek Anda.

Menentukan Manfaat Utama yang Dapat Ditawarkan

Saat membuat copywriting landing page, penting untuk menyoroti manfaat utama yang dapat diberikan kepada pengunjung.

Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang apa yang akan mereka dapatkan jika melakukan tindakan yang diminta pada halaman tersebut. Manfaat itu bisa beragam, seperti:

  • Keuntungan finansial. Jika landing page Anda menawarkan produk atau layanan, pastikan Anda menjelaskan manfaat finansial yang akan didapatkan oleh pengunjung jika mereka membeli.
  • Penyelesaian masalah. Identifikasi masalah yang sedang dihadapi target pasar Anda dan jelaskan bagaimana produk atau layanan yang ditawarkan dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut.
  • Tingkatkan efisiensi. Jika produk atau layanan Anda dapat membantu menghemat waktu atau tenaga, pastikan Anda menyoroti manfaat efisiensi yang akan didapat oleh pengunjung.
  • Penyajian Penawaran istimewa. Jika ada penawaran khusus, seperti diskon atau bonus, tampilkan keuntungan mereka dan tuangkan dalam tampilan yang menarik dan efektif.

Menyoroti manfaat yang ditawarkan oleh produk atau layanan Anda, dapat membantu meningkatkan konversi pada halaman landing page Anda.

Oleh sebab itu, pastikan copywriting yang Anda tulis memberikan pemahaman yang jelas tentang hal tersebut.

Membuat Headline yang Menarik Perhatian

Headline pada Copywriting Landing Page sangat penting untuk menarik perhatian pengunjung. Tanpa headline yang menarik, pengunjung cenderung tidak tertarik untuk membaca lebih lanjut konten Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara membuat headline yang menarik agar mampu menggugah minat pengunjung dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

Pertama-tama, pastikan bahwa headline Anda sesuai dengan tujuan Copywriting Landing Page. Gunakan kata-kata yang jelas dan sederhana yang dapat dengan mudah dimengerti oleh pengunjung.

Selain itu, hindari menggunakan kata-kata berlebihan yang terkesan berlebihan dan tidak alami.

Selain itu, gunakan headline yang dapat menunjukkan manfaat utama dari halaman Anda. Fokus pada manfaat yang akan didapatkan pengunjung jika mereka melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau mengisi formulir kontak. Gunakan kata-kata yang persuasif dan mengajak pengunjung untuk melakukan tindakan tersebut.

Baca Juga  Panduan Lengkap Membuat Landing Page Berkonversi Tinggi

Akan lebih baik jika Anda menggunakan headline yang mengandung kata kunci atau frasa yang relevan dengan Copywriting Landing Page Anda.

Hal ini akan membantu meningkatkan SEO halaman Anda dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

Terakhir, jangan lupa untuk membuat headline yang singkat dan jelas. Headline yang terlalu panjang akan membingungkan pengunjung dan membuat mereka kehilangan minat.

Cobalah untuk membatasi headline Anda menjadi sekitar 10 kata atau kurang untuk hasil yang lebih optimal.

Menulis Copywriting yang Kompak dan Jelas

Ketika menulis copywriting untuk landing page, pastikan Anda menggunakan gaya penulisan yang kompak dan jelas. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu rumit dan panjang.

Sederhanakan pesan Anda agar lebih mudah dipahami oleh pengunjung.

Perhatikan penggunaan kalimat yang singkat dan padat untuk mengekspresikan gagasan dengan lebih efektif. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami dan mudahkan pembaca untuk memahami komunikasi Anda.

Pastikan pesan Anda mudah diingat dan mudah dihubungi oleh pengunjung.

Ketika menulis copywriting untuk landing page, Anda harus memastikan bahwa setiap kata memiliki arti yang jelas dan tepat. Hindari penggunaan kata-kata yang ambigu atau sulit dimengerti. Buatlah pesan Anda sederhana dan mudah diingat bagi pengunjung.

Tetap konsisten dalam gaya penulisan Anda pada seluruh halaman landing page. Hindari penggunaan jargon teknis atau kata-kata yang terlalu formal.

Jadilah lugas dan jelas dalam menyampaikan pesan Anda dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh target audiens.

Akhirnya, pastikan copywriting Anda memuat informasi penting dan menarik serta mudah dipahami oleh pengunjung.

Sederhanakan apa yang ingin Anda sampaikan, membuat pesan Anda lebih mudah diterima oleh target audiens.

Penggunaan Call-to-Action (CTA) yang Menarik

Penting bagi Anda untuk memposisikan call-to-action (CTA) dengan strategis di Copywriting Landing Page Anda. Hal ini juga penting untuk membuat CTA yang menarik dan memberikan perintah yang jelas kepada pengunjung.

Gunakan warna yang mencolok dan kontras agar CTA terlihat jelas. Pastikan teks CTA menggugah pengunjung untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan, seperti “Beli Sekarang”, “Daftar Sekarang”, atau “Unduh Panduan Gratis”.

CTA harus ditempatkan pada posisi yang cukup strategis, dalam pandangan pengunjung saat pertama kali membuka halaman.

CTA tersebut seharusnya ditempatkan di atas garis guling, sehingga pengunjung bisa langsung melihatnya dan mengetahui apa yang harus dilakukan.

Jangan lupa untuk melakukan pengujian terhadap CTA yang Anda buat. Cobalah menguji tampilan dan posisi CTA yang berbeda-beda, dan perhatikan bagaimana hal itu mempengaruhi jumlah konversi pada Copywriting Landing Page Anda.

Membuat Konten yang Relevan dengan Penawaran

Konten pada landing page adalah elemen yang paling penting untuk menarik perhatian pengunjung. Namun, konten tidak hanya harus menarik, tetapi juga relevan dengan penawaran yang Anda sediakan.

Saat membuat copywriting landing page, pastikan Anda menjelaskan dengan jelas apa yang akan diperoleh pengunjung jika mereka melakukan tindakan yang Anda minta.

Sebagai contoh, jika penawaran Anda adalah produk kesehatan, pastikan konten pada landing page menjelaskan manfaat dari produk tersebut secara detail dan meyakinkan.

Jangan menulis konten yang hanya sekadar berbicara tentang kesehatan secara umum tanpa memberikan keterangan apa pun mengenai produk yang ditawarkan.

Anda juga dapat menambahkan elemen visual, seperti gambar atau video, untuk menjelaskan penawaran Anda secara lebih jelas. Jangan lupa untuk menambahkan caption atau deskripsi detail pada elemen visual tersebut.

Menggunakan Bukti Sosial untuk Meningkatkan Kepercayaan

Penting untuk memberikan kepercayaan kepada pengunjung bahwa halaman Copywriting Landing Page Anda benar-benar bisa dipercaya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memperlihatkan bukti sosial yang valid.

Baca Juga  Tips Membuat Landing Page Berkonversi Tinggi

Bukti sosial dapat berupa testimoni dari pelanggan yang pernah menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sertifikat atau penghargaan yang telah Anda terima di bidang industri yang Anda geluti.

Bukti Sosial Keuntungan
Testimoni dari pelanggan yang puas Meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas bisnis Anda
Sertifikat atau penghargaan di bidang industri Menunjukkan keahlian dan kredibilitas bisnis Anda

 

Dengan menunjukkan bukti sosial, pengunjung akan lebih percaya dan merasa aman untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Pastikan bukti sosial yang Anda tambahkan valid dan relevan dengan penawaran yang ditampilkan pada Copywriting Landing Page Anda.

Desain yang Menarik dan Responsif

Untuk meningkatkan konversi pada Copywriting Landing Page, desain halaman yang menarik dan responsif sangat penting.

Pengunjung akan cepat meninggalkan halaman Anda jika mereka merasa kesulitan menavigasi atau melakukan tindakan yang diminta.

Pastikan desain halaman Anda memudahkan pengunjung untuk menemukan konten yang dicari dan memberikan pengalaman yang positif.

Pastikan pula halaman Anda responsif terhadap perangkat mobile yang digunakan oleh pengunjung.

Beberapa tips untuk menciptakan desain yang menarik dan responsif:

  • Pilih warna yang tepat dan konsisten dengan merek atau produk Anda
  • Gunakan gambar atau video yang berkualitas tinggi dan relevan dengan konten halaman
  • Pilih font yang mudah dibaca dan konsisten dengan merek atau produk Anda
  • Posisikan elemen halaman secara strategis agar pengunjung mudah menavigasi dan menemukan call-to-action (CTA)

Dengan desain yang menarik dan responsif, pengunjung akan lebih tertarik untuk menjelajahi halaman Anda dan melakukan tindakan yang diminta.

Pastikan halaman Anda memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mudah bagi pengunjung.

Memperkuat Hasil dengan Testimoni

Testimoni yang ditampilkan dari pelanggan yang puas dapat memperkuat hasil yang Anda tawarkan di halaman Copywriting Landing Page Anda.

Hal ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan pengunjung yang sedang mengevaluasi penawaran yang Anda berikan. Tampilkan testimoni yang relevan dan kuat untuk membangun keyakinan pada pengunjung.

“Terima kasih sudah memberikan layanan yang sangat baik dan memuaskan. Berkat produk Anda, saya dapat meningkatkan penjualan bisnis saya hingga 50% dalam 3 bulan!”

– Budi, Pengusaha

“Saya sangat senang dengan hasilnya! Berkat Copywriting Landing Page yang dibuat oleh tim Anda, webinar kami laris manis dan kami memenangkan banyak peserta baru!”

– Maria, Marketing

Dengan menampilkan testimoni, Anda dapat membuktikan nilai dari penawaran bisnis Anda, meningkatkan kepercayaan pengunjung, dan membantu memperkuat hasil pada halaman Copywriting Landing Page Anda.

Memonitor dan Menganalisis Kinerja Landing Page

Setelah Anda membuat Copywriting Landing Page yang efektif, pekerjaan Anda belum selesai. Memonitor dan menganalisis kinerja halaman sangat penting untuk meningkatkan konversi bisnis Anda.

Maka dari itu, pelajari beberapa metrik yang relevan untuk memastikan kinerja halaman Anda berada di jalur yang tepat.

  • Conversion rate: adalah perbandingan antara jumlah pengunjung yang mengambil tindakan dengan jumlah total pengunjung. Meningkatkan conversion rate dapat bervariasi tergantung pada tujuan halaman Anda, seperti meningkatkan penjualan atau mengumpulkan lead.
  • Bounce rate: adalah persentase pengunjung yang meninggalkan halaman Anda tanpa melakukan tindakan apa pun. Bounce rate yang tinggi menandakan adanya masalah dengan halaman Anda.
  • Time on page: menunjukkan berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di halaman Anda. Jika waktu yang dihabiskan pengunjung relatif pendek, halaman Anda mungkin tidak cukup menarik.
  • Click-through rate (CTR): adalah persentase pengunjung yang melakukan tindakan pada call-to-action yang tersedia pada halaman Anda. Jika CTR Anda rendah, pastikan call-to-action Anda menarik dan terlihat dengan jelas.

Setelah Anda memantau metrik ini, Anda dapat menggunakan data untuk mengoptimalkan halaman Anda jika diperlukan.

Baca Juga  Landing Page Produk Fashion: Panduan Lengkap Headline dan Element Penting

Perubahan kecil, seperti memperbaiki headline atau memperkuat CTA, dapat berdampak signifikan pada kinerja halaman Anda.

Menyesuaikan dengan Perangkat Mobile

Penggunaan ponsel dalam mengakses internet terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Oleh karena itu, pastikan Copywriting Landing Page Anda responsif dan dapat menyesuaikan tampilannya dengan baik pada perangkat mobile.

Maksimalkan pengalaman pengunjung dengan menyesuaikan ukuran teks serta pengaturan layout agar tampilan halaman mudah dibaca dan navigasi lebih mudah.

Selain itu, pastikan semua gambar dan video yang ditampilkan dapat dimuat secara optimal meski pengunjung mengakses menggunakan ponsel.

Dengan menyesuaikan Copywriting Landing Page Anda dengan perangkat mobile, pengunjung dapat mengakses halaman Anda dari mana saja dan kapan saja.

Ini akan memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan konversi bisnis Anda.

Memuat Halaman dengan Cepat

Kecepatan memuat halaman sangat penting untuk pengalaman pengunjung. Jika halaman Anda lambat, pengunjung akan kehilangan minat dan beralih ke halaman lain untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Untuk memastikan halaman Anda memuat dengan cepat, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan:

  • Pertama, compress file gambar dan video pada halaman Anda agar ukurannya menjadi lebih kecil. Ukuran file yang besar akan memperlambat waktu muat halaman. Gunakan Photoshop atau software kompresi gambar online.
  • Kedua, batasi jumlah sumber daya eksternal seperti plugin, teks JavaScript, dan SASS. Semakin banyak sumber eksternal yang dimuat, semakin lama waktu muat halaman.
  • Ketiga, gunakan Content Delivery Network (CDN), yang akan membantu mempercepat waktu muat halaman dengan memuat file melalui server yang paling dekat dengan pengunjung.
  • Terakhir, pastikan hosting Anda memiliki kapasitas yang cukup untuk menangani jumlah trafik pengunjung yang tinggi.

Dengan mengoptimalkan waktu muat halaman Anda, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengunjung dan mencegah mereka pergi ke halaman lain.

Pelajari cara mengoptimalkan kecepatan halaman Anda dan tindakan yang harus diambil.

Meningkatkan Konversi dengan A/B Testing

Apakah Anda ingin meningkatkan konversi pada Copywriting Landing Page Anda? Lakukan A/B Testing! Ini adalah metode yang sangat efektif untuk memperbaiki kinerja halaman Anda.

Dengan melakukan A/B Testing pada Copywriting Landing Page, Anda dapat membandingkan dua versi halaman yang berbeda untuk melihat mana yang lebih berhasil dalam mengonversi pengunjung.

Proses ini melibatkan membuat dua versi halaman yang sama, tetapi satu elemen yang berbeda, misalnya, judul, tombol panggilan untuk tindakan, atau posisi gambar utama. Kemudian, Anda dapat membandingkan kinerja dua halaman menggunakan metrik konversi yang relevan, seperti jumlah penjualan atau jumlah pengunjung yang mengisi formulir.

Pastikan Anda memahami bagaimana melakukan A/B Testing dengan benar. Lakukan uji A/B testing pada satu elemen setiap saat dan pastikan Anda memiliki cukup pengunjung untuk mendapatkan hasil yang valid. Setelah Anda mendapatkan hasilnya, gunakan data tersebut untuk memperbaiki Copywriting Landing Page Anda dan meningkatkan konversi bisnis Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, Anda telah mendapatkan sejumlah tips efektif untuk membuat Copywriting Landing Page yang dapat meningkatkan konversi bisnis Anda.

Jangan lupa untuk mengidentifikasi tujuan halaman Anda, memahami target demografi pengunjung, menentukan manfaat utama yang dapat ditawarkan, membuat headline yang menarik, menulis copywriting yang kompak dan jelas, menggunakan call-to-action (CTA) yang menarik, membuat konten yang relevan, menggunakan bukti sosial, desain yang menarik, memperkuat hasil dengan testimoni, memonitor dan menganalisis kinerja halaman Anda, menyesuaikan dengan perangkat mobile, memuat halaman dengan cepat, dan meningkatkan konversi dengan uji A/B.

Pastikan Anda mengimplementasikan tips-tips ini dan selalu memonitor kinerja halaman Anda. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan konversi bisnis Anda dan mencapai kesuksesan yang diinginkan. Semoga berhasil!

Pegxy

Bagikan Artikel Ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Facebook

Artikel Terkait

100+ Template Landing Page Berkonversi Tinggi

You cannot copy content of this page

× Chat dengan kami